Rabu, 04 Juni 2014

"Nyamannya" Naik KRDE Prambanan Ekspress

Santainya para penumpang Prameks ini.
 Dulu, sewaktu kuliah saya cukup sering naik kereta api Prambanan Ekspres (Prameks) jurusan Kutoarjo - Solo Balapan maupun sebaliknya. Selain harganya cukup terjangkau, menggunakan KRDE Prambanan Ekspres (Prameks) ini lebih menghemat waktu. Sebagai perbandingan, saya yang asli Kebumen jika langsung menggunakan bus jurusan Solo bisa memakan waktu sekitar 6 jam, sedangkan naik Prambanan Ekspres (Prameks) dari Kutoarjo ke Solo Balapan sekitar 2 jam 30 menit, dan ditambah perjalanan naik bus dari Kebumen ke Kutoarjo sekitar 1 jam, total hanya 3 jam 30 menit. Lebih hemat waktu kurang lebih 2 jam 30 menit.


Selain itu KRDE Prambanan Ekspres (Prameks) juga nyaman, jika mendapat tempat duduk. Untuk bisa mendapat tempat duduk, kita harus berebut naik ke dalam KRDE Prambanan Ekspres (Prameks) yang tidak menyediakan tiket khusus tempat duduk. Mungkin, hal ini disebabkan karena KRDE Prambanan Ekspres (Prameks) dianggap sebagai kereta api komuter biasa yang jarak tempuhnya tidak terlalu jauh sehingga tidak diperlukan tiket tempat duduk.

Pada awalnya,  KRDE Prambanan Ekspres (Prameks) hanya melayani jurusan Yogyakarta Tugu - Solo Balapan PP yang diperpanjang hingga Kutoarjo pada jam tertentu. Hal ini akhirnya dimanfaatkan warga Purworejo, Kebumen, bahkan Cilacap yang akan melakukan perjalanan ke/dari Solo. KRDE Prambanan Ekspres (Prameks) telah menemukan pangsa pasar yang baru dan tentu saja membuatnya semakin ramai.

Penumpang Prameks ada yang pakai helm ... :-D

Meskipun KRDE Prambanan Ekspres (Prameks) sering kali padat penumpang, KA ini tetap saja dianggap nyaman. Jarang terdengar ada tindak kriminal di atas kereta ini. Mungkin karena karakter penumpang yang sebagian besar 'orang Jawa' yang terkenal kalem. Lihat saja para penumpang yang tidak kebagian tempat duduk dengan santainya duduk di lantai kereta. Mereka duduk tenang sambil memainkan hand phone, makan, bersenda gurau dengan teman bahkan terkadang ada juga yang yang tidur ... :-)

*) Foto di ambil sekitar tahun 2012

2 komentar: